Minggu, 13 September 2015

INSPIRASI BORNEO : "ANGGA RYAN PUTRA" DI DUNIA ENTERTAINMENT

Setiap bagian di Indonesia mempunyai kelebihan masing-masing, entah itu tentang keindahan alamnya, budayanya, juga termasuk orang-orang didalamnya yang mempunyai talenta luar biasa, dan mereka bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua.

Pada kesempatan kali ini, saya bertemu dengan seseorang yang sangat berhasil di bidang Entertainment. Saya sempat berbincang dan mengambil sedikit pengalaman tentang keberhasilan beliau di berbagai bidang Entertainment. Beliau bernama ANGGA RYAN PUTRA. Mengawali karirnya di tahun 2008 sebagai model, sampai sekarang aktif dibidang entertainment. Dimasa karirnya, beliau sering menjuarai perlombaan-perlombaan model di Kalimantan, dan sampai kini menjadikannya seorang model profesional. Beliau juga sering diundang untuk menjadi Juri di acara lomba-lomba model. Pria kelahiran 3 maret 1991 ini juga tercatat memiliki segudang prestasi selain Duta lalu lintas 2011, beliau juga pernah menjadi seorang presenter dan jurnalis berita di salah satu stasiun tv Banjarmasin. Juga sering membintangi iklan tv dan film di Kalimantan. Bukan hanya di lokal, beliau juga berhasil menembus ketingkat nasional dengan bermain di beberapa FTV dan iklan di Jakarta. Beliau juga adalah ketua dari manajemen DRETRUE yang bergerak dibidang perfilman. Kini beliau tercatat seorang Mahasiswa di UNISKA Fakultas Komunikasi dan bekerja sebagai karyawan di sebuah bank ternama di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Keberhasilan beliau dibidang entertainment tentunya mempunyai step-step dan perjuangan yang panjang. Nah, pada kesempatan ini beliau berkenan untuk berbagi sedikit pengalaman yang pastinya bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua.

@@@@@

ANGGA RYAN PUTRA

Fashion Show di Nashville Pub N Cafe, Hotel Banjarmasin International

"Jangan pernah takut untuk bermimpi, dengan mimpi kita mempunyai impian. Wujudkan impian dengan kerja keras dan jangan pernah menyerah"

1. BERAWAL DARI MIMPI

Sebenarnya aku adalah orang yang terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja. Dari SD sampai dengan SMA, aku sering menjadi olok-olokan teman sebaya.

Waktu SMP. Sebagai orang yang pemalu dan minder aku sering dijadikan anak bawang, pokoknya dikucilkan sekali. Aku gak tau, kenapa dipandang rendah oleh mereka.

Aku dulu ingat, disaat duduk dikantin, ada wanita cantik yang menghampiriku dan secara repleks aku langsung lari. Melihat itu semua, orang-orang yang berada dikantin tersebut langsung menertawaiku. Aku gak tau, kenapa bisa semalu itu.

Jurnalis Disebuah TV Indonesia
Pada suatu ketika aku merenung. Kenapa sih aku seperti ini, kenapa orang-orang menganggapku rendah. Padahal aku tidak terlalu jelek juga, aku normal seperti temen-temen yang lain. Saat itulah aku menyadari, bahwa aku harus berubah, terbesit pikiran untuk menjadi model. Walau model adalah kata-kata yang terdengar elit, ditambah modeling biasanya digeluti oleh orang-orang yang mempunyai percaya diri tinggi, berbeda dengan aku yang mempunyai karakter pemalu.

2. PERTEMUANKU DENGAN NAIMAH

Waktu terus berjalan. Disaat SMA, aku bertemu dengan anak baru, dia bernama Naimah. Dia juga sering menjadi olok-olokan temen-temen yang lain, mungkin karena dia tipe orang yang pendiam juga seperti aku.

Dan pada akhirnya aku dan Naimah bertemen dekat. Bahkan aku sering foto-foto bareng menggunakan smartphone milik Naimah. Dan pada saat itu, Naimah bertanya kepadaku. Tentang aku yang suka foto-foto. Ya aku pun mengiyakan. Sampai perbincangannya yang menyarankan aku untuk menjadi model. Aku mendengar itu merasa tidak percaya diri. Kemudian Naimah berkata bahwa dia mempunyai kaka angkat namanya AGUS SCARLET. Mengenai SCARLET, pada saat itu memang sangat dikenal, bahkan sampai sekarang. Sebuah agency yang bergerak dibidang model dan dance yang mempunyai talent-talent yang berbakat. Sebenarnya aku ingin sekali bergabung dengan scarlet. Tapi aku ragu, apakah aku bisa menandingi model-model disana? Akhirnya aku mengurungkan niatku.

3. IMPIAN YANG KEMBALI MUNCUL

Pada suatu hari aku sedang berjalan-jalan dengan temanku. Tiba-tiba aku melihat pengumuman disebuah brosur kecil tentang pencarian model. Pada saat itu, keinginan ku kembali muncul untuk menjadi model. Akhirnya aku dan temanku memutuskan untuk mengikuti pencarian model tersebut.

Penjurian disebuah lomba Model
Besoknya. Kami berangkat menuju tempat pencarian model yang kami tuju. Setelah hampir sampai, kami tidak langsung masuk ketempat tersebut. Kami lebih memilih untuk melihat terlebih dahulu, seperti apa saja sih orang-orang yang mengikuti pemilihan tersebut.

Selama 1 jam lebih kami mengamati orang-orang yang keluar masuk gedung pencarian model itu. Tiba-tiba kami lebih memilih untuk mengundurkan diri, karena yang mengikuti pemilihan tersebut berpakaian sangat keren, jauh berbeda dengan kami yang berpakaian apa adanya. Akhirnya kami pulang dan mengurungkan niat kami untuk mengikuti pemilihan model.

3. AWAL DIDUNIA MODELLING

Hari ini aku sangat terkejut, mungkin hari keberuntungan yang ku dapat hari ini. Aku dihubungi seorang pelatih model profesional yaitu Agus SCARLET. Awalnya aku gak percaya, bahkan aku kira temenku yang mencoba mengerjai aku. Kan sebagian temanku tahu, bahwa aku sangat ingin sekali untuk menjadi model. Tapi ternyata memang benar bahwa beliau adalah Agus SCARLET sang pelatih model tersebut. Beliau berkata bahwa dapat nomor handphoneku dari Naimah. Pada saat itulah aku ditawari untuk menjadi model di scarlet agency, tetapi tergantung apakah aku memenuhi syarat atau tidak.

Untuk memastikan apakah aku memenuhi syarat atau tidak, akhirnya aku dan ka Agus mengatur waktu untuk bertemu.

Membintangi FTV disebuah stasiun televisi
Saat bertemu dengan ka Agus, awalnya aku agak malu sedikit. Beliau melihatku dari atas sampai bawah. Setelah itu, beliau mengatakan bahwa jika aku diterima menjadi model scarlet, nanti dihubungi lagi.

Sebelum pulang, aku sempat diperlihatkan foto-foto modelnya ka Agus. Ya profesional banget, mungkin tidak aku seperti mereka?

Akhirnya aku pulang dengan hati gembira. Tapi pertanyaannya, apakah aku bakalan dihubungi lagi oleh ka Agus?

4. PRESTASI PERTAMAKU DIDUNIA MODELLING

Akhirnya aku berada di sanggar pelatihan modelling SCARLET. Beberapa hari lalu, aku sangat senang karena dihubungi ka Agus kembali, itu berarti aku diterima untuk menjadi model SCARLET. Tapi, saat ini aku cuma sendiri karena model-model yang lain sudah pulang. Ya karena aku bisanya cuma habis maghrib latihannya karena kegiatan sekolah, sedangkan model yang lain sudah pulang sebelum maghrib tadi. Tapi ka Agus memberi toleransi, agar tetap bisa latihan walau datangnya telat.


Akhirnya aku mempelajari, teknik-teknik model. Rasa gak percaya aja, ini ya ternyata rasanya terjun didunia modelling.

Dari saat itulah, aku sangat rajin untuk mengikuti pelatihan model disanggar scarlet. Sampai pada akhirnya aku ditawari oleh ka Agus untuk mengikuti lomba modelling. Awalnya aku menolak, tetapi ka Agus meyakinkan bahwa aku bisa, dengan keyakinan akhirnya aku mengiyakan untuk mengikuti lomba tersebut.

Sampai dimana aku gladi untuk lomba, kenapa perasaan minderku kembali lagi. Bahkan, model-model senior yang ada disana seperti menertawakan. Sempat rasanya mau mundur, tetapi berkat dorongan orang-orang terdekat, aku mencoba untuk lebih berani.

Disinilah aku berdiri, memperagakan teknik-teknik model yang telah ku pelajari sebelumnya. Gemerlap cahaya dari kamera-kamera dan penonton yang banyak seperti membuatku semakin bersemangat. Ini adalah pengalamanku, menang atau kalah itu bukan segalanya.


Tetapi, nasib berkata lain. Dalam lomba tersebut, aku berhasil mendapatkan juara 1 dalam kategori pria. Aku tidak percaya, tetapi jujur, aku sangat senang.

Berawal dari sanalah, aku semakin menggeluti dunia modelling. Dan aku bersyukur disetiap lomba yang telah diikuti, aku selalu masuk 3 besar. Bahkan, aku berkesempatan untuk menjadi juri pada lomba-lomba model di Kalimantan. Bukan hanya itu, aku juga berkesempatan menjadi jurnalis di stasiun televisi dan bintang iklan. Dan pada akhirnya banyak prestasi yang ku dapat setelah ini.

@@@@@

Cerita perjuangan yang luar biasa, mas Angga bisa mewujudkan impiannya dengan kerja keras yang telah beliau lakukan. Semoga bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua. Dan pastinya, jika kita mempunyai impian, jangan pernah menyerah untuk menggapainya, karena semua impian pasti bisa digapai tapi tergantung kita mau menjalani prosesnya atau tidak.

Sebagai bocoran. Perjuangan mas Angga dalam mengasah karirnya bukan hanya sampai disitu saja. Nah, mas Angga bakalan berbagi cerita lagi di artikel yang akan datang.

"Kita tidak pernah tau dengan sesuatu yg belum kita lakukan. Semua berawal dari pilihan. Jangan pernah takut untuk bermimpi"  Angga Ryan Putra

suaradarijalanan.blogspot.com

(?)

Tiap harinya SUARA DARI JALANAN™ selalu ada artikel baru. Buat info artikel terbarunya, kunjungi akun sosmed gue dibawah ini :
Twitter : @bmbngh
Instagram : bmbngh
Pin bb : 545CC7C4
Email : bambanghariyadi49@gmail.com

4 komentar :

  1. keren bro gue suka tentang artikel ini

    BalasHapus
  2. ngomong-ngomong gue juga peserta di ajang pemilihan model yg ada di foto itu lo dan juri nya adalah ka angga

    BalasHapus
  3. Wah, model juga mba.. Agency juga ya

    BalasHapus