Sabtu, 02 Januari 2016

MEREKA TERBIASA DIJALANAN

Gue pernah diceritain oleh seorang sahabat tentang pengalaman waktu dizaman smknya dulu. Kebetulan dia adalah lulusan dari smk jurusan sosial. Dia bercerita sering mengikuti razia yang dilakukan satpol pp untuk mengamankan anak-anak jalanan dan pengemis.

Mereka diamankan bukan tanpa tujuan. Setelah dibawa, mereka (Anak-anak jalanan dan pengemis) diberi pendidikan tentang kreatifitas yang bisa dijadikan keterampilan dalam usaha. Setelah selesai, maka mereka dilepaskan kembali untuk mempraktekkan hasil pendidikannya tersebut. Disepanjang pendidikan emang ada yang gak betah dan memilih untuk kabur. Tapi ada yang betah dan giat belajar sehingga mereka akhirnya dibiayai untuk membuka usaha. Buat yang kabur tadi, mereka lebih memilih untuk kembali kejalanan. Tetapi yang menyelesaikan pendidikan tersebut juga banyak yang memilih untuk kembali kejalanan lagi.

Sebuah cerita yang diberikan Haidir yang menurut gue sangat bermanfaat bagi gue sendiri. Ternyata pemerintah juga mempunyai aksi untuk menanggulangi kehidupan jalanan yang simpang siur. Tapi walau begitu, ternyata setelah diberi pendidikan tetap aja mereka lebih memilih untuk kembali kejalan. Mungkin mereka seperti itu karena suatu alasan, yaitu MODAL. Atau ada hal lain yang menurut mereka gak bisa kemana-mana lagi, yaitu merela udah terbiasa dijalanan.

instagram.com/suaradarijalanan

#banjarmasin #kalimantanselatan #kalimantan #borneo #banjarbanar #explorebanjar #indonesia

Gimana pendapat kamu? Silahkan Tulis di kolom komentar ya kawan..

Salam Aktifis !!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar